Kamis, 19 Januari 2012

Gigi bungsu, cabut atau tidak ?

Gigi bungsu, cabut atau tidak ? | Info Kesehatan Kita

Gigi bungsu, cabut atau tidak ? - Gigi bungsu merupakan gigi geraham ketiga yang biasanya muncul antara usia 17 sampai 25 tahun, bahkan sampai usia 30 tahun. Kebanyakan orang dewasa memiliki empat gigi bungsu dan dimungkinkan untuk memiliki lebih dari itu. Gigi terakhir ini sering menimbulkan masalah, mengapa begitu? Gigi bungsu biasanya mempengaruhi gigi lain saat mereka tumbuh, banyak terjadi pertumbuhan gigi bungsu yang tidak normal dan mengalami impaksi sehingga mendesak gigi terdekatnya. Teorinya adalah pertumbuhan rahang dan gigi mempunyai tendensi bergerak maju ke arah depan. Apabila pergerakan ini terhambat oleh sesuatu yang merintangi, bisa terjadi impaksi gigi. Misalnya, karena infeksi, trauma, malposisi gigi, atau gigi susu tanggal sebelum waktunya. Pemahaman yang lebih mudah mengapa gigi bungsu ini sering menimbulkan masalah adalah karena gigi ini tumbuh terakhir dan rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk pertumbuhan gigi ini maka berakibat gigi tumbuh dan mendesak gigi depannya. Dan terjadilah rasa sakit akibat pertumbuhan gigi yang mendesak gigi depannya. Masalah lain yang timbul adalah munculnya gigi bungsu tidak sempurna pada gusi. Gigi yang tertutup oleh gusi menyebabkan sisa-sisa makanan dapat menumpuk dan menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak sehingga infeksi terjadi.

peluang usaha

Solusi yang dilakukan adalah pencabutan gigi bungsu atau gigi depan yang terdesak oleh gigi bungsu sehingga gigi dapat tumbuh sempurna. Sebelum dicabut umumnya difoto gigi dengan sinar x dahulu untuk mengetahui posisi anatomi gigi. Pencabutan gigi bungsu ini tergolong operasi kecil namun perlu dilakukan secara profesional mengingat komplikasi yang mungkin timbul saat dan setelah pencabutan seperti pendarahan, lubang bekas pencabutan gigi setelah operasi tidak tertutup sempurna bahkan dapat terjadi infeksi. Pada akhirnya penting bagi kita untuk mengetahui seluk beluk pertumbuhan gigi bungsu ini, cabut atau tidak ? Keputusan ada di tangan anda. Semoga artikel “Gigi bungsu, cabut atau tidak ?” ini bermanfaat. Salam Info Kesehatan Kita.

Rekomendasi Post

30 Responses to “Gigi bungsu, cabut atau tidak ?”

  • Zonapedia says:
    20 Januari 2012 11.32

    Pernah juga gitu... Gigi bungsu saya tumbuh rasane mantep.... hehehehehe

  • Kang Kombor says:
    20 Januari 2012 21.58

    Gigi bungsu bawah saya dua-duanya dicabut karena tumbuhnya tidak sampai keluar dari gusi. Hanya nongol sedikit bikin gusi sakit.

  • adi pradana says:
    21 Januari 2012 02.38

    @kang kombor : keputusan yang tepat, daripada sakit tak berkesudahan. lebih baik sakit hati daripada sakit gigi... :D

  • adi pradana says:
    21 Januari 2012 04.36

    @zonapedia : mantap...

  • Harun Ar says:
    21 Januari 2012 18.06

    Na... menarik ini..., seorang cucuku giginya gingsul pada gigi taring sebelah kanan. Barangkali solusinya dicabut ya Mas?????
    Makasih...

  • adi pradana says:
    22 Januari 2012 03.34

    lebih baik konsultasikan ke dokter spesialis konservasi gigi, bisa saja dipertahankan dan dirapikan agar tidak keliatan gingsul. tapi kalau memang giginya crowded pasti ada yang dicabut untuk merapikannya.

  • Adhitya Nugraha Novianta says:
    22 Januari 2012 10.19

    Kalu gigi bungsu tidak bermasalah, menurutku ga usah dicabut

  • adi pradana says:
    22 Januari 2012 16.21

    @adhitya : yups, kalau pertumbuhannya normal dan tidak mengganggu kesehatan gigi tidak dicabut. terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar. :D

  • JAYAVO says:
    23 Januari 2012 21.10

    Iya engga usah dicabut kalau tidak bermasalah:)

  • adi pradana says:
    24 Januari 2012 01.38

    @jayavo : benar kawan... jagalah kesehatan gigi kita agar pertumbuhannya normal.

  • obat alami infeksi saluran kemih says:
    24 Januari 2012 23.36

    makasih banyak atas infonya..,
    gigi emang berpengaruh sekali.. selain untuk kecantikan, tapi juga banyak dampak untuk kesehatan..

  • Buku Moshaict says:
    26 Januari 2012 05.58

    Kalo gigi bungsunya sudah rusak (rontok) terus tertup gusi lagi, tapi akarnya masih ada. Berbahaya tidak ya?

  • adi pradana says:
    26 Januari 2012 07.42

    @buku moshaict : lebih baik konsultasikan ke dokter spesialis gigi agar dapat dilakukan tindakan yang tepat. yang ditakutkan adalah terjadi infeksi pada gusi.

  • sandy says:
    31 Mei 2012 08.54

    gigi bungsu saya sedang tumbuh sekarang, rasanya mantab.. mudah-mudahan tidak perlu dicabut.doakan sebuh.

  • nuokovic says:
    14 Juni 2012 08.14

    gigi bungsu saya tumbuh tp cupa separuh,jd sakit ke gigi lain..

  • nuokovic says:
    14 Juni 2012 08.15

    terimakasi ganz infonya..

  • obat herbal kanker hati says:
    24 Juni 2012 23.08

    kalo emang bisa di cabut ya harus di cabut...
    supaya pertumbuhan gigi jadi lebih baik.

  • obat herbal kanker usus says:
    24 Juni 2012 23.15

    kalo ga di cabut bisa-bisa gigi nya ga beraturan..
    jadi mendingan di cabut aja lah gan.

  • obat herbal kanker prostat says:
    24 Juni 2012 23.25

    berarti harus ke dokter gigi dulu yah gan untuk di periksa kalo mau nyabut gigi bungsu??
    ga bisa sembarangan.

  • obat herbal kanker prostat says:
    24 Juni 2012 23.30

    artikel yang bagus..
    semoga kita semua tidak sembarangan mencabut gigi kita dengan sembarangan.

  • paket tour wisata beijing china says:
    7 September 2012 21.19

    jika seperti itu ya mending dicabut ya agar nanti tidak ada kendala seperti itu lagi jika tiba2 mucul gigi baru..

  • Daftar Haji Umroh Plus 2013 says:
    23 September 2012 23.15

    Klo aku dulu gigi bungsunya di operasi, karena tumbuhnya miring

  • Cara Mengobati Kista Endometriosis says:
    25 September 2012 19.17

    Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

  • Cara Obati Mioma Uteri says:
    25 September 2012 19.57

    Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

  • Paket Umroh Plus Tour 2013 says:
    4 November 2012 17.55

    ya kalo sudah otek sebaiknya dicabut, kalau tidak mungkin tidak apa2 kali ya...

  • dimdroid says:
    20 November 2012 22.25

    Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    salam kenal ya dari saya :)

  • cahyadi says:
    26 November 2012 01.07

    mungkin bagi sebagian orang gigi bungsu ini sangat menimbulkan masalahdan saya pun demikian!!

  • umroh plus mesir 2013 says:
    29 November 2012 01.02

    jadi inget tahun 2009 nan gigi ku tumbuh miring, alhasil dicabut deh.. mau ga mau.. daripada sakit yang ga nahan. :)

  • paket umroh plus says:
    29 November 2012 01.03

    ok, makasih atas infonya. bermanfaat sangat nih... terutama buat orangtua yang kedapatan anaknya mengalami hal tersebut. jadi ga salah ambil tindakan.

  • Paket Tour Promo Wisata Thailand 2013 says:
    10 Desember 2012 23.14

    wah terima kasih banget infonya mas!!!!

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar pada blog ini, komentar anda akan kami moderasi dahulu sebelum ditampilkan. Salam Blogger! Follow me @kesehatan_kita