Minggu, 20 Januari 2013

Deteksi Dini Retinopati Diabetika

Deteksi Dini Retinopati Diabetika
Deteksi Dini Retinopati Diabetika - Diabetes Melitus, banyak orang yang tak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit ini. Penyakit ini sering terdeteksi saat terjadi gangguan penglihatan. Ya, gangguan penglihatan merupakan salah satu penyakit komplikasi dari Diabetes Melitus ini disebut Retinopati Diabetika. Tak bisa dianggap remeh, gangguan penglihatan ini tak dapat dikembalikan seperti semula. Pengobatan hanya sebatas mencegah kebutaan dan memperbaiki penglihatan. Pasalnya, Retinopati Diabetika tidak menampakkan gejala khusus. Kadar gula tinggi pada penderita Diabetes Melitus bersifat merusak pembuluh darah. Dan saat kadar gula tidak terkontrol, terjadilah gangguan di pembuluh darah mikrovaskuler yang menuju ke retina mata. Baik itu pecah, bocor atau macet yang disebabkan kadar gula tinggi mengakibatkan retina kekurangan oksigen dan nutrisi yang menyebabkan penglihatan menurun. 

Skrining mata sedini mungkin perlu dilakukan bagi penderita diabetes sebagai langkah antisipasi terjadinya kebutaan. Deteksi dini kelainan pada lapisan jala (Retina Mata) pada sarana pelayanan kesehatan yang memiliki Pelayanan Vitreo Retina. Dan yang paling utama adalah kontrollah kadar gula darah secara rutin bagi penderita Diabetes Melitus agar selalu dalam batas aman. Pola makan sehat, olah raga sesuai kemampuan dan minum obat sesuai jadwal. Deteksi dini Retinopati Diabetika, sebelum terlambat! Hidup sehat bersama Info Kesehatan Kita.

Rekomendasi Post

28 Responses to “Deteksi Dini Retinopati Diabetika”

  • makasih semoga nanti bisa saya jadikan referensi pada blog kesehatan saya..
    :)

  • Obat Batu Empedu says:
    20 Januari 2013 23.29

    Salam blogger, selain faktor genetik gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga juga ternyata menjadi faktornya ya, terimakasih atas artikelnya

  • Download Gratis Area says:
    21 Januari 2013 06.25

    Info yang sangat membantu sekali kepada saya yang masih awam di bidang kesehatan :) terima kasih

  • obat herbal penyakit stroke says:
    21 Januari 2013 17.54

    ternyata bisa menyebabkan gangguan penglihatan juga yah gan..
    thanks info nya.

  • obat herbal glukoma says:
    21 Januari 2013 18.20

    Semoga kita bisa lebih mendeteksi gejala-gejala nya..
    supaya tidak sampai fatal.

  • obat herbal migren says:
    21 Januari 2013 18.27

    harus lebih jaga kesehatan lagi nih supaya ngga terserang penyakit yang bisa merugikan kita sendiri.

  • Obat Tradisional Diabetes Melitus says:
    29 Januari 2013 23.08

    harus di tangani sesegera mungkin, jika tidak bisa berakibat fatal bagi tubuh .

  • mengenali gejala dan melakukan langkah pencegahan, semoga itu akan meminimalisir resiko penyakit diabetes sendiri.

  • Jasa SEO Murah says:
    1 Februari 2013 20.44

    Serem juga ya ini penyakit. Mudah2an tidak terjadi pada kita. Amin

  • obat herbal diabetes melitus says:
    4 Februari 2013 03.33

    wah artikel yang sangat bagus...kesimpulannya adalah kita harus lebih waspada terhadap gejala penyakit diabetes, bagaimanapun lebih mudah menangani penyakit dari awal..

  • agen xamthone jakarta says:
    4 Februari 2013 03.35

    terimakasih share nya....masih banyak orang yang kurang tahu bahwa diabetes juga bisa menyerang indra penglihatan kita

  • BISSHABIBI says:
    4 Februari 2013 03.37

    wahh sangat menarik. bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati..

  • mediainformasi says:
    12 Februari 2013 01.44

    Keluarga saya ada yang menderita diabetes melitus.. saya mau sharing alternatif pengobatan aja.. Nenek saya itu sering makan bawang bombay. Alhamdulillah udah agak mendingan.

  • nurul says:
    14 Februari 2013 22.46

    informasinya sangat bijaksana dan bermanfaat gan, saya kagum dengan kemampuan anda membuat artikel, anda begitu teliti dan mampu menghadirkan suasana yang sangat luar biasa didalam artikel anda, makasih gan :)

  • Info Terbaru says:
    23 Februari 2013 18.27

    mendeteksi itu gimana caranya mas?

  • Loovo Admin says:
    25 Februari 2013 01.28

    pola tidur yang tidak teratur apakah berpengaruh juga terhadap resiko diabetes?

  • Rumah Dijual Cibubur says:
    27 Februari 2013 19.02

    Lebih baik mencegah daripada mengobati. Terima kasih share artikelnya.

  • Download Lagu says:
    27 Februari 2013 23.04

    yg kena beginian semoga cepat sembuh,....thanks sudah berbagi!

  • Cara Mengobati Penyakit Epilepsi says:
    1 Maret 2013 23.05

    makasih dah untuk kajiannya hari ini . .
    oiya gan maaf nih kalo selama ini kami dianggap hanya sebagai spammers..
    :)
    di tunggu postingan terbarunya terutama untuk kategori hiburannya biar ga jenuh..

  • Bio Sanjaya says:
    24 Maret 2013 20.57

    thx infonya, mantap nih

  • ale bisul says:
    27 Maret 2013 00.59

    ternyata bikin artikel menarik di blog itu ga gampang. . .
    semoga apa yang saya dapat di blog ini bisa saya jadikan referensi buat blog saya.
    makasih gan.

  • Dimas Erlangga Arsitek says:
    3 Januari 2014 17.59

    Tetangga saya ada yang meninggal karena Diabetes,
    Sebelum meninggal, dia sampai harus amputasi kakinya..
    Penyakit ini memang ganas..
    Marilah kita berpola hidup sehat..

  • Tips untuk Kesehatan Pria says:
    15 April 2014 03.58

    Benar sekali info tentang penyakit diabetes ini...
    jaga kesehatan diri kita..
    sdh sejak dini keluarga kami mulai menjaga kadar konsumsi gula

  • Agus says:
    6 Mei 2014 06.12

    Mantab info kesehatannya.... terus maju demi indonesia sehat

  • Naufal Purwanto says:
    15 Mei 2014 05.57

    Wah..thanks admin. Jd teredukasi buat anak ane...
    JasaKarikaturOnline

  • Pusat jam tangan murah says:
    8 Agustus 2014 09.46

    Wahh serem juga ya kl sampai ke panca indra..:-(
    thx ya infonya gan

  • Sewa Mobil Surabaya says:
    24 Juli 2015 07.00

    Masalah diabet sangat identik dengan amputasi tapi kalau diamputasi, menurut pengalaman saya (ini terjadi pada orang tua saya) sangat tidak menyelesaikan masalah. Malah sipenderita semakin tersiksa karena pasien tidak punya tenaga dan tambah kesakitan sepanjang hari

  • barang unik dari jepang says:
    20 Januari 2016 00.52

    Artikel ini mampu mengingatkan kita untuk menjaga kesehatan dan selalu memperhatikan kondisi diri kita agar terhindar dari penyakit

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar pada blog ini, komentar anda akan kami moderasi dahulu sebelum ditampilkan. Salam Blogger! Follow me @kesehatan_kita