Senin, 09 Januari 2012

Tips Menghentikan Cegukan

Tips Menghentikan Cegukan | Info Kesehatan Kita
Tips Menghentikan Cegukan - Cegukan sangat mengganggu aktifitas, bahkan kita dibuat malu oleh sensasi unik ini. Coba saja ketika kita sedang menghadiri rapat atau resepsi dan cegukan datang. Malu deh... untuk mengatasinya ada beberapa Tips Info Kesehatan Kita untuk menghentikan Cegukan. Kadar Karbondioksida yang tinggi dalam darah mampu menekan aktifitas saraf di otak yang bertanggung jawab atas cegukan. Untuk itu kebanyakan orang sering memberikan solusi bernafas dalam kantong kertas dengan meniup dan menghirup selama berkali-kali. Hal tersebut dimaksudkan agar kita dapat menghirup udara yang mengandung karbondioksida. Teknik lain untuk meningkatkan kadar karbondioksida adalah dengan cara menahan nafas selama mungkin dan menelan ketika cegukan dirasa akan datang.

Solusi lain yang pernah dianjurkan untuk menghentikan cegukan dengan membungkukkan badan sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari atau tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut selama beberapa menit sampai cegukan hilang. Bila cegukan tak kunjung hilang dan tetap bertahan beberapa jam bahkan sampai hitungan hari, maka perlu dikonsultasikan dan mendapat pertolongan medis seperti penggunaan obat yang berdasarkan petunjuk dokter. Apabila obat-obatan tak dapat membantu, dapat dilakukan hipnosis dan akupuntur. Bahkan bila tidak kunjung hilang selama berbulan-bulan, tindakan terakhir adalah dengan melakukan pembedahan untuk menghancurkan atau memblok nervus frenikus. Demikianlah Tips Menghentikan Cegukan dari Info Kesehatan Kita. Semoga Bermanfaat.

Sumber :
Http://farms-area.blogspot.com/2008/11/cegukan-singultus.html
Http://id.m.wikipedia.org/wiki/cegukan

Rekomendasi Post

31 Responses to “Tips Menghentikan Cegukan”

  • Kinerja Guru says:
    10 Januari 2012 10.30

    Cegukan itu Sepele, tapi sangat mengganggu... :D
    Thanks infonya sob...

  • adi pradana says:
    10 Januari 2012 10.57

    @kinerja guru : sama-sama sob.

  • Mari Berkoperasi says:
    15 Januari 2012 16.26

    Klo orang tua bilang minum air hangat sedikit2 sampai kurang lebih 15 kali minum langsung deh topcer...
    Jgn Lupa Berkunjung ke GEMASKOP Maluku

  • adi pradana says:
    16 Januari 2012 00.34

    @mari berkoperasi : terima kasih atas kunjungan dan tambahan tipsnya. salam blogger. :)

  • Dhidhit says:
    20 Januari 2012 07.53

    Saya jarang cegukan, tapi makasih info menghentikan cegukan....

  • universitas terbaik says:
    23 Januari 2012 00.06

    sip,, makasih mas atas informasinya,,
    jadi bisa diatasi kalau lain kali cegukan lagi

  • adi pradana says:
    23 Januari 2012 20.19

    @dhidit dan universitas terbaik : ok, sip...

  • febriosw says:
    20 Februari 2012 04.18

    Sy pernah cegukan dari malam sampai pagi nonstop. Tersiksa sekali. Leher jadi panas, badan ikutan panas. Diminumin tetep juga cegukan. Tips ini bisa dicoba besok lagi.

  • adi pradana says:
    20 Februari 2012 11.20

    @febriosw : semoga bermanfaat.

  • hote says:
    21 Maret 2012 15.22

    kalo cegukan pada anak kecil/ bayi gimana cara ngatasinnya sob?
    kadang dengan cara itu, pada anak belum manjur

  • adi pradana says:
    22 Maret 2012 05.58

    @hote : kalau saya biasa mengobati cegukan anak saya dengan memberinya minum kemudian menggendong dan menepuk punggungnya beberapa menit. alhamdulillah cegukannya hilang. :)

  • Obat herbal gagal ginjal says:
    14 Juni 2012 08.25

    owh jadi ghitu too!!!
    nice gan

  • rumah dijual semarang says:
    14 Juni 2012 20.33

    Kalau boleh saya kasih masukan, jika cegukan tdk hilang2 sampai berhari hari coba minum obat bernama primperan.
    biasa digunakan untuk anak bayi yang sering muntah atau ibu hamil.

  • Obat Herbal Gondok says:
    17 Juni 2012 09.02

    trus gan knapa sieh kita bisa mengalami cekukan???

  • Obat Herbal HIV AIDS says:
    17 Juni 2012 09.03

    gan faktor apa saja yah yg bikin kita cekukan???

  • obat herbal mioma uteri says:
    21 Juni 2012 07.35

    klo saya terkena cegukan biasa'a suka sedikit minum terus menekan kepala kearah depan kaya yang lagi mengheningkan cipta gtu.baru sembuh

  • obat herbal lupus says:
    21 Juni 2012 07.36

    tanks y ganz atas info'y.

  • obat herbal nyeri haid says:
    4 Juli 2012 21.15

    wahhh boleh coba tuh...:)
    trims gan

  • ricky says:
    19 Juli 2012 01.39

    kalau saya dari dulu biasanya hanya dengan minum air hangat. biasanya sih dengan begitu ilang cegukannya.

  • cegukan itu berbahaya nggk gan???

  • Cara Menyembuhkan Kanker Payudara says:
    14 Agustus 2012 07.04

    cegukan itu hal yang bisa atau gejala dari suatuy penyakit???

  • tanganblogger says:
    22 September 2012 19.45

    tipsnya ciamik gan. makasih ya,

  • akan dicoba nanti :)

  • mukti says:
    25 November 2012 23.04

    biasanya cegukan akan berhenti apabila sipenderita dikagetin!!!

  • Ani says:
    25 November 2012 23.05

    terima kasih atas informasinya kebetulan saya suka sekali cegukan gan!!!

  • Deri says:
    25 November 2012 23.09

    apakah benar gan kalau cegukan itu tanda" suatu penyakit???

  • 05 Days 04 Nights Aegean Trip Istanbul Turky says:
    10 Desember 2012 22.42

    info bagus nih,,,
    makasih infonya yahhhh!!!

  • paket umroh reguler 2013 says:
    13 Desember 2012 23.53

    klo orang dulu, cegukan itu karena mau gedein badan. ternyata bukan ya.. hehehehehe...

  • Obat Herbal Untuk Stroke says:
    26 Desember 2012 22.25

    cara pertama yang bisa kita lakukan biasanya meminum air putih tapi karna terlalu banyak biasanya bikin perut kembung
    :D

  • Fachri says:
    17 Januari 2013 03.11

    yg menahan nafas ane stuju bnget gan, udh prnh ane coba soal'a hehe

  • Pulau Sepa says:
    1 Februari 2013 20.47

    Kalau saya cara ampuhnya dengan menghirup nafas dalam-dalam tapi pelan-pelan trus ditahan di dada sekuatnya dan buang pelan-pelan. Pokoknya harus dinikmati pasti hilang deh tuh cegukan.

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar pada blog ini, komentar anda akan kami moderasi dahulu sebelum ditampilkan. Salam Blogger! Follow me @kesehatan_kita