Senin, 19 Maret 2012

Urtikaria



Urtikaria - Urtikaria adalah pembengkakan berwarna merah dan pucat bersifat terbatas pada kulit (urtika) yang terasa gatal. Urtikaria sering juga disebut dengan biduren dalam bahasa jawa. Gejalanya bersifat sementara saja namun kambuhan. Jika Urtikaria parah, dapat terjadi pembengkakan jaringan lunak seperti bibir dan kelopak mata. Ada 2 jenis urtikaria yaitu urtikaria akut (apabila terjadi selama < 6 minggu) dan urtikaria kronis (apabila terjadi selama > 6 minggu).
Apa Penyebab Urtikaria ?
Penyebab urtikaria dapat terbagi menjadi proses alergi dan proses non alergi. Untuk proses alergi urtikaria terjadi karenan alergi terhadap makanan tertentu, obat tertentu, tepungsari, tungau debu rumah, dll. Urtikaria yang terjadi karena proses non alergi misalnya gigitan serangga, tekanan pada kulit, suhu dingin, keringat, beban psikologis dan penyakit tertentu seperti gangguan liver, gigi berlubang, gangguan pencernaan, dll.
Apa Urtikaria bisa sembuh ?
Sebagian besar penderita Urtikaria tidak bisa sembuh tuntas namun jika kambuh dapat dikelola supaya sembuh/ tidak kambuh lagi. Prinsip pengelolaan Urtikaria adalah menghindari penyebabnya, mencegah timbulnya gejala dan menghilangkan gejalanya. Konsultasikan penyakit urtikaria dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Semoga bermanfaat. Salam Info Kesehatan Kita.

Rekomendasi Post

36 Responses to “Urtikaria”

Posting Komentar

Terima kasih telah memberi komentar pada blog ini, komentar anda akan kami moderasi dahulu sebelum ditampilkan. Salam Blogger! Follow me @kesehatan_kita